Sumatra Selatan Mempesona

Semua orang tahu betapa mempesonanya sumatra selatan suatu provinsi yang terletak di bagian selatan pulau sumatra ini menyimpan berbagai wisata yang sangat menggiurkan bagi para wisatawan.

Tahukah anda? Sumatra selatan dengan ibu kota Palembang telah dikenal semenjak dahulu karena sudah menjadi pusat kerajaan Sriwijaya yang terkenal dengan kekuasan yang lumayan luas selain itu provinsi ini tidak luput dari perkembangan jaman dengan sektor perdagangan yang telah menjadi sejarah bagi daerah tersebut, yang akhirnya secara tidak langsung ikut memengaruhi kebudayaan masyarakatnya. Makanan khas dari provinsi ini sangat beragam seperti pempek, model, tekwan, pindang patin, pindang tulang, sambal jokjok, berengkes dan tempoyak.

Kalau membicarakan tentang wisata udah jangan dipertanyakan lagi banyak sekali tempat wisata yang mempesona seperti Sungai Musi, Jembatan Ampera, Pulau Kemaro, Danau Ranau, Kota Pagaralam dan lain-lain.

Untuk itu mari kita simak berbagai wisata yang bisa menggiurkan minat wisatawan yang akan berlibur ataupun dengan sengaja berkunjung menuju Sumatra Selatan yang mempesona. mungkin banyak tempat tempat wisata yang berada di provinsi yang indah ini, tapi kami coba akan memaparkan beberapa tempat wisata:  

1.Danau Ranau
Jangan di ragukan lagi danau yang terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Propinsi Sumatera Selatan menyimpan berbagai pesona yang menyejukan mata dan jiwa terasa tentram berada di dekatanya dan danau ini pun menjadi danau terbesar ke dua yang berada di pulau sumatra wah mempesona banget bukan!

Dan taukah kita Danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar. Terletak pada posisi kordinat 4°51′45″LS,103°55′50″BT. dan Secara geografis topografi danau Ranau adalah perbukitan yang berlembah hal ini praktis menjadikan danau Ranau memiliki cuaca yang sejuk, hal itu lah yang akan memikat kita ingin selalu berada di samping ayunan air yang berada di danau Ranau.

Nah penasaran bukan? jangan lama lama membayangkan keindahannya ayo kita cepet cepet menuju danau Ranau yang berada di sumatra selatan dangan sejuta keindahannya insaallah membuat kita bagaikan ada dipelukan keindahan.


satu lagi yang akan membuat kita nyaman berada disana tepat di tengahnya terdapat pulau yang bernama Pulau Marisa. Disana terdapat sumber air panas yang sering digunakan para penduduk setempat ataupun para wisatawan yang datang ke pulau tersebut, terdapat air terjun, dan penginapan.

Nah indah bukan Danau Ranau itu tertarik dengan sujata keindahannya jadi jangan terlalu banyak mikir jadikankan Danau Ranau ini menjadi pilihan tempat wisata yang akan kita kunjungi di hari libur.


2. Gunung Dempo

Gunung dengan tinggi 3159 mdpl menjulang tegak ke atas menggapai langit nan biru yang sangat begitu indah apabila kita lihat di pagi hari,

Gunung ini terletak di perbatasan provinsi Sumatra selatan dan provinsi Bangkulu, 7 jam lamanya perjalan menuju kesana dari Kota palembang dengan perjalan yang panjang akhirnya kita dihadapkan suasana dan udara sejuk daerah pegunungan serta melwati perkebunan teh yang hijau berbukit-bukit yang akhirnya kita nyampe lah di Gunung Dempo yang tepatnya terletak di Kota Pagar Alam.

Saat kita mendai gunung tersebut air jernih yang ada terdapat sampai setengah perjalanan ke gunung ini sehingga para pendaki tidak perlu khawatir kehabisan air minum selama perjalanan. Sebuah sungai kecil yang jernih, mengalir di perbatasan hutan pertanda kita mulai memasuki daerah hutan yang ditumbuhi dengan tumbuhan yang mirip seperti yang kita dapati di gunung Gede-Pangrango, yaitu hutan montana. Jalan setapak penuh dengan akar-akar yang melintang, kemiringan lereng sendiri cukup curam untuk memeras keringat. Tidak ada tanda-tanda khusus, keadaan hutan ini hampir homogen dan sangat hening yang akan menamani kita saat mendaki gunung tersebut, tapi semua itu tidak ada apa-apanya di bandingkan keindahan yang akan kita raskan ketika telah mencapai puncak yang nanindah dan mempesona.



3. Sungai Musi dan Jembatan Ampera

Siapa yang tidak tahu Sungan Musi dan Jembatan Ampera yang menjadi ikon provinsi Sumatra Selatan ini seakan akan telah menggiurkan tempat tujuan para wisatawan yang tengan berkunjung kesana, Sungai yang mebelah kota Palembang ini dengan panjang 750 KM terkenal sebagai sarana transformasi masyarakat dari jaman kerajaan Sriwijaya.



Jembatan Ampera
Jembatan Ampera, yang telah menjadi semacam lambang kota, terletak di tengah-tengah kota Palembang, menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi, adanya jembatan ini seakan menjadi pelengkap indahnya kota Palembang dan mempercepat laju pertumbuhan ekonomi daerah tersebut.

Tahukah kita Jembatan Ampera ternyata sudah di rencanaka sejak jaman dulu lho   sejak zaman Gemeente Palembang, tahun 1906, tapi rencana rencana itu belum bisa terealisasikan yang pada akhirnrnya Pembangunan jembatan ini dimulai pada bulan April 1962 pada masa jabatan Presiden Suekarno.


4. Danau Ulak Lia 

Tak kalah takjubnya dengan danau danau yang ada di indonesia Sumatra selatan mempunya danau yang begitu indah dengan sebutan Danau Ulak Lia yang terletak di wilayah Desa Soak Baru Kecamatan Sekayu –persis di kawasan Seberang Kota Sekayu. wilayah danau mempunyai lokasi cukup strategis, karena jarak dari dari pusat kota dapat ditempuh sekitar 3 km, yang terletak di tepian Jalan Sekayu-Pendopo-Muara Enim.

Secara umum topografi di sebagian besar wilayah danau merupakan tanah dataran rendah yang tergenang air pasang. Wiayah perairan inti danau dengan luas mencapai 50 hektar merupakan bagian yang paling rendah, sehingga areal ini selalui tergenang air sepanjang tahun.

Dan konon katanya ada sebuah kisah yang menjadi legenda atas diberi namanya danau tersebut dengan sebutan "Danau Ulak Lia".

Jangan lah cemas ketika anda berkunjung kesana karena danau tersebut tidak akan kering dan selalu ada airnya sepanjang tahun dengan air yang jernih dan pemandangan yang indah semakin memperkuat tekad kita untuk berkunjung kesana yang sangat mempesona.



5. Danau Sagayam

Satu lagi yang manjadi tempat wisata yang harus kita kunjungi apabila pergi ke Sumatra Slatan Danau Sagayan yang terletak 51 Kilo Meter dari kota Palembang danau ini sangat baik buat tujuan piknik dengan banyaknya ikan tawar yang ada  serta luas 30 hektar dan sangat rame pada hari-hari libur seperti hari minggu.
Dengan pesona yang indah seperti memberikan vitamin yang tiada banding bagi kita dikuti dengan lembutnya udara dingin yang menyapa tubuh kita seakan akan kita dimanjakan dengan dikelilingin pesona indahnya alam yang begitu membuat diri ini nyaman, hal itu baik bagi kita untuk melupakan sejenak kegiatan rutin yang membuat kita stres detiap harinya.



Jadi sangatlah layak tempat ini menjadi kunjungan yang teragenda di jadwal kunjungan keluarga ataupun bersama orang orang yang kita cintai, untuk memadu rindu kasih sayang yang akan terasa hangat berada disana.

Itulah indahnya wisata sumatra yang mempesona dan menyejukan hati ini tentram damai ketika kita mengunjunginya, mungkin masih banyak wisata wisata yang berada di Provinsi Sumatra Selatan  yang akan membuat kita terpesona dan pingin mengunjunginya.


SEMATRA SELATAN MEMPESONA LAYAKNYA SURGA DUNIA YANG MELAMBAI_LAMABAIKAN TANGANNYA SIAP UNTUK KITA NIKMATI
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. "Hidupku Tulisanku" - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger